Mengetahui Motif-Motif Batik yang Terkenal di Indonesia

Mengetahui Motif-Motif Batik yang Terkenal di Indonesia

Print kain saat ini sedang banyak digemari. Salah satunya yaitu untuk membuat motif batik. Ketika membicarakan tentang batik, tentu semua akan teringat dengan negara Indonesia. Kata batik sendiri sebenarnya berasal dari bahasa Jawa, yang terdiri dari dua kata yaitu amba yang artinya menulis dan nitik yang artinya titik. Memang setiap motif dari batik tulis diawali dengan membuat pola berupa titik.

Mengenal Motif Batik

Variasi motif batik saat ini sudah sangat beragam. Penggunaan batik juga tidak lagi identik dengan kesan yang terlihat kuno. Banyak masyarakat yang semakin kreatif memadumadankan batik dengan motif lain agar terlihat elegan dan berkelas.  Nah, jika Anda hingga saat ini sering memakai batik di berbagai kesempatan namun masih belum mengetahui ragam jenisnya, perlu untuk menyimak informasi di bawah ini. Berikut ini ragam jenis batik yang terkenal di Indonesia:

1. Batik Mega Mendung

Jenis motif batik yang pertama yaitu mega mendung. Motif ini berasal dari Cirebon. Bentuk dari jenis motif ini yaitu awan dengan ukuran besar dan berciri khas warna yang mencolok. Selain biru, aneka warna lain seperti ungu, merah tua, dan hijau tua juga menjadi varian dari motif batik ini.

2. Batik Tujuh Rupa Pekalongan

Membahas tentang batik, tentu belum lengkap jika belum membahas mengenai Pekalongan. Kota ini memang sangat terkenal dengan motif batiknya yang elegan. Jenis motif ini didominasi dengan tumbuh-tumbuhan, walaupun ada juga motif berupa hewan. 

Batik pekalongan mempunyai keunikan yang berbeda dari jenis lain karena dipengaruhi budaya perdagangan antar bangsa sejak jaman dulu. Batik tujuh rupa dari pekalongan ini sangat mudah dikombinasikan dengan pakaian yang polos atau tanpa motif. Batik ini bisa Anda custom sendiri atau dengan print kain, dan bisa memilih custom apa yang ingin dipilih.

3. Batik Parang Rusak

Selanjutnya adalah variasi motif parang rusak yang sangat populer di tengah-tengah pecinta batik. Selain ini digunakan untuk pakaian, batik jenis ini juga tidak sulit ditemui pada jarik dan produk kerajinan batik lain. Motif parang rusak mempunyai arti peperangan manusia agar bisa melawan sifat buruk dan nafsu selama hidup.

4. Batik Priyangan Tasikmalaya

Batik ini berasal dari wilayah Jawa Barat yaitu Tasikmalaya. Batik priyangan ini terkenal dengan coraknya yang rapat, rapi, dan juga elegan. Untuk gambarnya sendiri, didominasi dengan motif rumput dan tumbuh-tumbuhan yang identik dengan batik jenis ini. Tidak heran jika busana dengan bahan batik bisa dikenakan di setiap kesempatan.

Itu dia beberapa jenis motif batik yang terkenal di Indonesia. Semoga bisa menambah informasi Anda. Nah, jika Anda ingin memiliki batik sendiri, bisa membeli kain dan menuju tempat atau jasa print kain yang berkualitas. Sehingga Anda bisa memiliki print kain sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar