Ikuti 5 Langkah Tepat Mendaftarkan Asuransi Mobil Ini

Ikuti 5 Langkah Tepat Mendaftarkan Asuransi Mobil Ini

Memiliki mobil pribadi tentu saja akan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu menunggu di halte bus maupun menunggu pesanan taksi datang. Kapanpun, Anda tinggal menyalakan mesin mobil Anda dan pergi kemanapun yang Anda mau. Agar Anda bisa tetap mengendarai mobil dalam jangka waktu yang lama, tentu Anda memerlukan perawatan juga perlindungan, salah satunya yaitu dengan beli asuransi mobil.

Asuransi kendaraan menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk perlindungan mobil Anda dalam jangka waktu yang panjang. Jika suatu saat mobil Anda tergores atau tertubruk oleh kendaraan lain, maka Anda bisa mengajukan klaim pada perusahaan asuransi yang bersangkutan atas kerugian yang Anda alami. Biaya yang ditanggung tentunya mencangkup sebagian atau semua kerusakan yang terjadi pada mobil Anda, tergantung jenis asuransi apa yang Anda pakai.

Mendaftarkan Asuransi Mobil
Sebelum Anda memutuskan untuk membeli asuransi, maka ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan, diantaranya perusahaan asuransi kendaraan yang akan Anda gunakan, biaya premi yang harus dibayarkan, jenis asuransi, syarat-syarat dan ketentuan yang berlaku, dan masih banyak lagi. Tentu saja hal tersebut sangat penting agar Anda bisa menggunakan asuransi tersebut dengan maksimal tanpa ada rasa kecewa.

Setelah Anda mempertimbangkan beberapa hal di atas, maka Anda tinggal mempersiapkan budget untuk pembayaran premi di awal. Namun, sebelum itu, Anda harus mengetahui prosedur pendaftaran asuransi mobil terlebih dahulu. Jika Anda tidak tahu prosedurnya, maka khawatir persiapan berkas dan lain-lainnya tidak akan tersiapkan dengan baik.

Oleh karena itu, simak 5 cara pendaftaran asuransi mobil berikut ini.

1. Pemilihan jenis asuransi mobil
Hal pertama yang harus and lakukan yaitu memilih jenis asuransi mana yang akan Anda gunakan. Ada dua jenis asuransi, yang pertama asuransi TLO (Total Lost Only) dan asuransi All Risk. Kedua asuransi tersebut memiliki kelebiahan masing-masing. TLO akan menanggung biaya kerugian jika mengalami kerusakan di atas 75%. Sedangkan Asuransi ALL Risk akan mengganti seluruh biaya kerugian tanpa ada syarat minimal kerusakan.

2. Melengkapi berkas-berkas & dokumen
Setelah Anda memilih jenis asuransi yang Anda inginkan, prosedur selanjutnya yaitu melengkapi berkas-berkas dan dokumen. Dokumen-dokumen tersebut umumnya meliputi fotokopi KTP, 

Kartu Keluarga, Surat Ijin Mengemudi (SIM), NPWP, BPKB, dan SIUP (bagi perusahaan). Usahakan sebelum Anda pergi ke kantor asuransi, Anda sudah membawa berkas-berkas tersebut agar bisa menghemat waktu.

3. Survey Kendaraan
Langkah selanjutnya yaitu pihak asuransi akan melakukan survey pada kendaraan Anda sebelum asuransi diproses. Nantinya, hasil survey tersebut akan dicatat pada laporan survey. Hal ini biasanya dilakukan jika mobil Anda masih tergolong baru.

4. Membuat polis
Setelah proses survey selesai dan semua dokumen telah lengkap, barulah pihak perusahaan membuat polis asuransi dan segera mencetaknya. Sebenarnya, masing-masing perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda. Ada pihak asuransi yang langsung memberikan berkas-berkasnya ke rumah Anda, ada juga yang menyimpannya di kantor.

5. Membayar premi
Langkah yang terakhir yaitu membayar premi awal. Pembayaran ini bisa dibayar di muka setiap bulannya, atau dibayar secara sekaligus. Anda harus membayar biaya premi sesuai dengan biaya yang sudah disetujui di awal.

Demikianlah beberapa cara untuk mendaftar asuransi mobil. Jika Anda ingin berkendara tanpa cemas dan aman, Anda bisa menggunakan asuransi kendaraan MSIG yang sudah terdafatar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

0 komentar:

Posting Komentar