10 Rekomendasi Kuliner Mantap yang Ada di Surabaya

10 Rekomendasi Kuliner Mantap yang Ada di Surabaya

Kota Pahlawan sebagai kota terbesar kedua di Indonesia ini memiliki beragam wisata baik alam, budaya, sejarah, sampai wisata kuliner. Banyak makanan enak dan pastinya memanjakan lidah bagi siapapun yang mencicipinya. 

Apalagi buat kamu yang penasaran sama cita rasa makanan khas Jawa Timur. Kuliner di Surabaya begitu juga sebagian besar makanan di Jawa Timur memiliki ciri khas seperti banyak menggunakan sambal kacang dan petis serta memiliki rasa yang lumayan pedas.

Buat kamu yang berkunjung ke Surabaya, jangan sampai melewatkan kesempatan berwisata kuliner ya. Selain rasa, beberapa kuliner di Surabaya juga unik loh. Bahkan beberapa sudah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda dan masih eksis sampai sekarang. 

Rekomendasi Kuliner di Surabaya

Yuk segera ke Surabaya selagi masih tersedia penawaran tiket pesawat ke Surabaya dari aplikasi layanan pembelian tiket online dengan harga terbaik! Dengan begitu kamu bisa menikmati makanan enak berikut ini:

1. Lontong Balap
Makanan ini cukup melegenda di Jawa Timur karena para penjual sudah menjual produk yang sama selama lebih dari empat dekade. Nah buat yang belum tahu, lontong balap adalah makanan yang terdiri dari lontong, tahu goreng, tauge, bawang goreng disertai kecap dan sambil disiram dengan sambal petis yang lezat. Rekomendasi enak buat kamu yang lagi nggak pengen makan nasi dan sedang kelaparan tentunya.

2. Tahu Tek
Makanan ini masih satu rumpun dengan lontong balap ya. Menu makanan ini terdiri dari tahu goreng yang dipotong kecil-kecil, kentang goreng, tauge, telur goreng, mentimun yang dibuat acar kemudian disiram dengan sambal petis yang diberi kecap. Tidak lupa pula diberi taburan kerupuk diatasnya.

Makanan ini sangat populer di Surabaya dan dapat dengan mudah kamu temui di berbagai sudut kota sampai gang-gang kecil sekalipun. Katanya penamaan tahu tek diambil dari suara gunting penjual ketika memotong tahu yang digoreng dan menghasilkan suara tek-tek-tek ketika digunakan.

3. Tahu Campur
Makanan khas dari Lamongan ini juga menjadi favorit warga maupun pendatang di Surabaya. Kamu juga bisa menemukan tahu campur di berbagai tempat makan yang ada. Sedikit beda dengan tahu tek dan lontong balap, sebenarnya tahu campur masih serumpun jenis makanan.

Menu tahu campur terdiri dari sop daging sapi ditambah dengan tahu goreng, perkedel, mie yang berwarna kuning, tauge, selada dan tentunya kerupuk udang. Jangan lama-lama berpikir ya, langsung aja ke kota pahlawan karena masih ada tawaran tiket pesawat murah ke Surabaya.

4. Rujak Cingur
Ada yang tahu apa itu cingur? Jika kamu belum tahu, cingur adalah kata untuk menyebutkan mulut. Sesuai namanya, rujak cingur adalah rujak yang menyajikan mulut yaitu mulut sapi. Rujak cingur masih serumpun dengan tahu tek dan lontong balap dan khas dari Surabaya. 

Menu ini tentunya terdiri dari mulut sapi yang dipotong kecil-kecil, timun, bengkuang, mangga, nanas, lontong, tahu tempe, tauge, kangkung, kacang panjang dan kerupuk. 

Kesemuanya kemudian disiram dengan sambal petis yang nikmat. Penasaran kan gimana rasanya cingur atau mulut sapi? Yang pastinya enak banget dan membuatmu ketagihan terutama sama sambal petisnya.

5. Pecel Semanggi
Yup sama seperti namanya, pecel ini terdiri dari bahan utama yang berupa tanaman semanggi yang dapat dengan mudah ditemui khususnya di daerah rawa. Kadang, semanggi ini disajikan dengan berbagai sayuran lainnya seperti kangkung dan tentu saja kecambah. Sayur semanggi kemudian disiram dengan sambal kacang dengan rasa pedas manis yang nikmat.

Pecel ini adalah makanan khas Surabaya dan cukup melegenda ya. Sudah terkenal sejak zaman dahulu. Bahkan beberapa pertunjukan ludruk juga banyak mengangkat kisah dari pecel Surabaya. Bukan hanya itu, terdapat lagu yang sangat terkenal di Surabaya yang berjudul Semanggi Suroboyo.

Bagaimana dengan ulasan kelima makanan khas Surabaya di atas? Membuatmu semakin semangat mengunjungi Kota Pahlawan? Nah buat kamu yang sedang merencanakan perjalanan ke Surabaya, kamu harus banget buat menggunakan aplikasi pegipegi.com.

Selain prosesnya mudah dan cepat, kamu akan mendapatkan promo tiket pesawat sehingga perjalananmu jauh lebih hemat. Proses pembayaran di pegipegi.com juga sangat praktis karena tersedia berbagai metode yang bisa kamu pilih.

0 komentar:

Posting Komentar