Inilah 4 Kesalahan Umum Saat Membuat Masker Kain

Inilah 4 Kesalahan Umum Saat Membuat Masker Kain

Semenjak virus corona tersebar di Indonesia, permintaan masker kain semakin meningkat. Banyak orang yang membeli masker hingga lusinan untuk persediaan beberapa bulan ke depan. Bahkan, ada juga yang membuat masker keren khusus menarik perhatian anak muda. Ini menandakan bahwa masyarakat mulai disiplin untuk menaati aturan yang dibuat oleh pemerintah setempat.

Namun, membuat sendiri masker berbahan kain pun tidak ada masalah. Anda bisa lebih berkreasi dalam membuat masker, terlebih pada bagian desainnya. Ini tentu saja disesuaikan dengan gaya dan selera Anda, sehingga tidak ada satupun yang bisa menyamai. Namun, pembuatan masker juga perlu diperhatikan agar fungsinya lebih maksimal.

Kesalahan dalam membuat masker

Saat membuat masker, ada beberapa kesalahan umum yang sering terjadi. Ini bisa saja terjadi pada Anda yang ingin membuat masker sendiri. Oleh karena itu, simak beberapa kesalahan umum pembuatan masker di bawah ini.

1. Warna Sisi Dalam dan Luar Sama

Pemilihan warna untuk masker sangatlah penting. Ini bertujuan agar Anda bisa membedakan bagian luar dan dalamnya. Namun, pemilihan warna biasanya tidak banyak diperhatikan. Banyak orang yang membuat masker dengan warna yang sama di bagian dalam dan luarnya.

Sebaiknya, bedakan pemilihan warna agar Anda tidak salah saat memakainya. Misalnya, warna hitam untuk bagian luar, dan abu bagian dalam. Dengan begitu, Anda tidak akan terbalik lagi saat menggunakan masker.

2. Penggunaan Warna Polos

Saat membuat masker kain sendiri, Anda bebas memilih warna yang diinginkan. Namun, penggunaan warna polos tidak dianjurkan, khususnya warna biru muda dan putih. Warna tersebut menyerupai masker medis, sehingga Anda harus menghindarinya. Sebaiknya, gunakan saja warna-warna gelap atau desain motif untuk masker Anda.

3. Penggunaan Kain yang Terlalu Tipis

Di musim corona seperti ini, masker berbahan kain yang dianjurkan adalah yang tebal dan tahan air. Anda tidak dianjurkan untuk membuat masker dari bahan kain yang tipis. Virus akan mudah masuk, sehingga Anda akan lebih mudah tertular. Oleh karena itu, gunakan bahan-bahan kain seperti kain katun, linen, sarung bantal, dan masih banyak lagi.

4. Ukuran Masker Terlalu Kecil

Ukuran masker yang terlalu kecil tidak bisa melindungi wajah secara maksimal. Ada beberapa bagian wajah yang tidak akan tertutup sempurna, seperti hidung, mulut, dan dagu. Oleh karena itu, pastikan ukuran masker yang Anda buat pas dengan ukuran wajah, sehingga perlindungan pun bisa lebih maksimal.

Itulah empat kesalahan yang sering terjadi saat pembuatan masker kain. Membuat masker memang terbilang susah-susah gampang. Oleh karena itu, Anda bisa membeli masker fullprint custom siap pakai. Tersedia berbagai jenis masker dengan motif yang kekinian. Bahannya tentu saja berkualitas, sehingga Anda bisa nyaman saat menggunakannya.

0 komentar:

Posting Komentar