Mengapa AC Sentral VRF Lebih Unggul Dibandingkan AC Konvensional?

Mengapa AC Sentral VRF Lebih Unggul Dibandingkan AC Konvensional?

Penggunaan sistem VRF pada AC sentral LG dianggap sebagai terobosan baru untuk perangkat elektronik. Teknologi ini masih berbasis refrigenant serta memakai kondensor di luar ruangan. Namun, ada peningkatan dari segi komponen dan fungsi yang membuatnya lebih menonjol.

Sistem VRF (variable refrigerant flow) sudah memakai sejumlah air handler yang dapat Anda kendalikan secara terpisah. Hal ini pula yang membuat pengontrolan udaranya maksimal. Adapula alasan-alasan lain yang membuat sistem VRF lebih unggul dari versi konvensional, antara lain: (Source: ahliac)

• Sistem pengontrolan modern

Walau Anda masih harus memakai remote untuk melakukan pengaturan, sistem VRF pada AC sentral sudah dibekali pengontrolan modern. Faktor ini pula yang membuat pendingin ruangan bisa Anda kendalikan dengan perangkat lain, sebut saja ponsel pintar. Sistem VRF yang dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial pun akan membantu pengelola hotel, restoran, dan bisnis lainnya dalam menekan biaya manajemen tempat usaha mereka.

• Tak akan makan banyak tempat

Saluran udara yang lebih kecil dan absennya pipa membuat dimensi AC sentral VRF lebih ringkas. Anda memang masih harus mengukur ruang dan tempat yang disediakan, tetapi kemungkinan AC bakal makan tempat bisa ditekan secara signifikan. Kemudian, bentuknya yang lebih ekonomis pun membuat jenis pendingin ruangan tersebut mudah diinstal, bahkan pada hunian berskala kecil. Hasilnya, interior ruangan tetap nyaman dipandang mata.

• Konsumsi energi lebih rendah

Sistem VRF dirancang sedemikian rupa agar mampu menghasilkan udara dingin dan sejuk sesuai luas ruangan yang ditempati. Dengan kata lain, tak akan terjadi pemborosan energi dan pemakaian udara. Menariknya lagi, sistem tersebut dapat mengatur temperatur panas dari udara untuk nantinya diedarkan ke area yang membutuhkan. Kemampuan ini pula yang membuat AC sentral VRF kian diminati individu maupun perusahaan besar.

• Tak cepat mengalami kerusakan

Kemungkinan sistem VRF lebih kecil karena hanya akan bekerja saat Anda aktifkan. Kalaupun ada gangguan, Anda tak akan kerepotan saat hendak memperbaikinya. Sebagai contoh, apabila ada satu air handler yang bermasalah, maka air handler yang lain tetap berjalan seperti biasa. Dengan begitu, penghuni ruangan tetap menerima aliran udara dingin dan menyegarkan. Namun ingat, Anda tetap harus segera menangani kerusakannya.

• Tak akan menimbulkan kebisingan

Unit kondensor yang dipasang dalam sistem VRF tak akan menimbulkan kebisingan. Bahkan Anda masih bisa meletakkannya di luar ruangan. Hal ini disebabkan ukuran air handler di dalam ruangan yang lebih kecil sekaligus senyap. Oleh karena itu AC dengan sistem VRF direkomendasikan untuk gedung-gedung besar seperti perhotelan dan perkantoran untuk menjaga kenyamanan orang-orang yang beraktivitas. 

Silakan kunjungi website resmi LG bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak seputar AC VRF!

0 komentar:

Posting Komentar