Trik Melakukan Proses Rekrutmen Karyawan Agar Tepat Sasaran

Trik Melakukan Proses Rekrutmen Karyawan Agar Tepat Sasaran

Untuk menciptakan SDM profesional yang sesuai dengan kultur perusahaan, dibutuhkan strategi rekrutmen yang baik. Dengan strategi yang tepat, perusahaan bisa menarik bibit-bibit individu yang profesional, berkualitas, serta berkontribusi pada kemajuan perusahaan. Di era pandemi seperti sekarang, perekrutan tentu lebih mudah untuk dilakukan dengan asesmen online, namun demikian ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum mulai mencari tenaga kerja berkualitas:

1. Lakukan Analisa Kebutuhan Posisi 

Sebelum memulai rekrutmen, ada baiknya perusahaan harus melakukan analisa posisi atau jabatan terlebih dahulu. Proses analisa atau identifikasi ini terkait pada kebutuhan karyawan perihal beban kerja dan kebutuhan perusahaan. Semakin tinggi beban kerja, maka perusahaan membutuhkan tenaga kerja lebih. 

Di lain sisi, perusahaan juga perlu mempertimbangkan terlebih dahulu, apakah dengan merekrut tenaga baru dapat mengurangi beban kerja dan memberikan keuntungan kepada perusahaan. Biasanya perusahaan akan membutuhkan tenaga kerja baru ketika terjadi mutasi jabatan, pergantian karyawan, atau pembentukan divisi baru. 

2. Persiapkan Iklan Lowongan Kerja 

Mengumumkan suatu informasi di era digitalisasi tidak akan efisien jika hanya mengandalkan strategi Word of Mouth. Untuk itu, perusahaan perlu mempersiapkan iklan lowongan kerja yang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, iklan ini bisa disebarkan melalui media-media digital guna menyaring lebih banyak calon kandidat yang sesuai.

Agar lowongan kerja perusahaan lebih menarik dan menjanjikan, ada baiknya perusahaan perlu memperhatikan desain serta informasi yang jelas tentang informasi kebutuhan posisi yang dicari dan langkah-langkah atau proses rekrutmen. 

3. Gunakan Platform Asesmen Online 

Mendapatkan kandidat profesional yang baik tentunya tidak mudah. Perusahaan tentunya tidak bisa mendapatkan kandidat yang tepat jika hanya mengandalkan strategi iklan dan wawancara manual. Oleh sebab itu, perusahaan memerlukan bantuan platform asesmen digital yang dapat membantu menyaring ribuan aplikan yang masuk, seperti Smart Platform, misalnya.

Smart Plarform, merupakan plarform asesmen digitial yang dapat memberikan kemudahan bagi perusahaan dalam hal melakukan rekrutmen secara online. Smart Platform sendiri didesain khusus untuk membantu keperluan perusahaan dalam hal mencari kandidat yang tepat sasaran dan memudahkan para calon kandidat dalam mengikuti langkah-langkah rekrutmen. Seperti yang sudah disinggung di atas, di era pandemi seperti sekarang, online asesmen tentunya akan lebih dibutuhkan.

Setiap perusahaan tentunya menginginkan individu yang berkualitas dari segi skill maupun kemampuan yang tepat untuk posisi yang dicari. Untuk dapat memenuhi itu semua, Smart Platform menawarkan teknologi asesmen digital untuk membantu perusahaan mengeola proses rekrutmen dengan lebih baik dan mudah. 

0 komentar:

Posting Komentar