Sebelum Bertransaksi, Simak Dulu 5 Hal Penting Ini Saat Belanja Online!

Sebelum Bertransaksi, Simak Dulu 5 Hal Penting Ini Saat Belanja Online!
Sumber: pinterest.com

Kemajuan teknologi memberikan banyak perubahan, salah satunya adalah belanja secara online. Gak sedikit orang yang menghabiskan waktunya buat berbelanja barang kebutuhan di toko online. Di online shop juga menghadirkan banyak barang yang bervariasi, mulai dari pakaian, barang elektronik, perawatan kecantikan, mainan anak, kebutuhan bayi, hingga bahan makanan sekalipun. Namun, saat berbelanja online diperlukan wawasan yang cukup dalam transaksi jual beli online agar proses transaksi bisa berjalan lancar. 

Tapi, sayangnya gak semua orang dapat memahami dan mengerti proses transaksi yang tepat. Mengingat segala proses transaksi mempunyai resikonya masing-masing. Ada lima hal penting yang patut diperhatikan sebelum melakukan transaksi di online shop. Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Cari Produk di Toko Online Terpercaya

Sumber: pinterest.com

Saat ingin membeli suatu produk, pilihlah toko online yang sudah terpercaya. Selain itu, perhatikan juga foto dan deskripsi produknya terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi. Tujuannya agar kamu bisa mendapatkan produk sesuai deskripsi tersebut dan terhindar dari kasus penipuan jual beli online. Jika toko online yang dipilih terpercaya, jangan ragu buat membeli produk di toko online tersebut.

2. Lihat Status Penjual

Sumber: pinterest.com

Kalau kita membeli barang lewat online, kita harus paham betul apakah penjual tersebut amanah dan bisa dipercaya buat kita belanja disana. Hindari penjual dengan nilai review produk yang buruk dan rating yang sedikit. Biasanya beberapa brand terkenal menawarkan produknya di platform jual beli online. Nah supaya lebih aman, lebih baik kamu beli saja di toko officialnya langsung. Disana kamu bisa mendapatkan produk yang ori, berkualitas dan harga Dell Xps 13 atau produk yang sesuai dengan yang dijual brand tersebut. Jangan mengambil resiko membeli barang online dengan status penjual yang tidak baik walaupun dengan harga yang lebih rendah sekalipun.

3. Bandingkan Produk

Sumber: pinterest.com

Cobalah untuk membandingkan terlebih dahulu kualitas dan harga produk di toko online yang kamu pilih. Bandingkan dengan satu toko yang lain. Bisa saja kamu mendapatkan kualitas produk yang sama tapi dengan harga ssd laptop dan produk lain dengan lebih rendah. Pelajari lagi detail spesifikasi di produknya buat menghindari resiko kesalahan membeli produk.


4. Pengiriman Produk

Sumber: pinterest.com

Pengiriman barang juga gak kalah pentingnya saat bertransaksi di online shop. Kamu harus mempertimbangkan mana jasa pengiriman yang tepat supaya barang bisa sampai pada waktunya. Pastikan kamu mencantumkan alamat tujuan yang jelas dan bisa dijangkau oleh kurir atau jasa pengirimannya. Kalau kamu memberikan alamat tujuan yang tidak detail, barang kamu bisa saja akan lama sampai dan diterima ke alamat yang salah. Tentu kamu gak mau kan seperti itu? Oleh karena itu, perhatikan juga pengiriman dalam produknya, ya!

5. Proses Pembayaran

Sumber: pinterest.com

Jika produk sudah dipilih dan barang sudah di checkout, biasanya akan ada pemilihan proses pembayaran. Mulai dari transfer lewat bank, minimarket yang bekerja sama dengan platform tersebut, kredit hingga pilihan COD (cash on delivery). Namun, tidak semua toko online menawarkan jasa COD. Jadi, pertimbangkanlah dengan baik proses pembayaran yang kamu pilih. Sebagian orang biasanya memilih COD, karena jika membayar di tempat kita bisa melihat terlebih dahulu apakah barang tersebut sesuai atau tidak. Sehingga lebih aman saat melakukan pembayaran. Tapi, itu semua kembali lagi kepada kalian semua.

Itulah hal penting yang harus diperhatikan sebelum melakukan transaksi ketika berbelanja di online shop.

0 komentar:

Posting Komentar