5 Kiat Sembuh Total dari Ketergantungan Narkoba

5 Kiat Sembuh Total dari Ketergantungan Narkoba

Kasus kecanduan narkoba di Indonesia sangat tinggi yang acap melanda usia muda. Meskipun ada banyak orang dewasa yang terjerat ketergantungan obat-obatan terlarang yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan ini. Bila Anda memiliki anggota keluarga atau teman yang menjadi pemakai narkoba, sebaiknya ajak mereka melakukan rehabilitas narkoba sekarang juga. Efek kecanduan pada obat-obatan terlarang tidak bisa disembuhkan tanpa detoksifikasi dari ahli.

Mengatasi Kecanduan Narkoba

Terkadang pemakai sering menganggap bahwa ia bisa sembuh tanpa perlu melakukan rehabilitasi narkoba. Mereka sering berpikir bahwa bisa berhenti kapan saja tanpa merasakan efek kecanduan. Padahal, konsumsi narkoba bisa menyebabkan pecandu alami halusinasi, depresi, tidak bisa konsentrasi, pusing, bahan punya risiko alami overdosis. Supaya Anda atau anggota keluarga yang alami ketergantungan narkoba bisa lepas sepenuhnya dari benda haram ini, maka cobalah mengatasi ketergantungan narkoba dengan kiat berikut :

1. Berniat sungguh-sungguh ingin sembuh

Niat ingin bebas dari narkoba yang mempengaruhi kondisi fisik dan mental Anda harus timbul dalam hati dengan sungguh-sungguh. Mantapkan diri untuk lepas dari pengaruh buruk narkoba yang bisa membuat tubuh Anda lemah, tidak berprestasi, kurang produktif, dan lain-lain.

2. Pemeriksaan 

Konsultasikan dengan orang terdekat sebelum akhirnya melakukan pemeriksaan ke dokter atau terapis profesional. Nantinya Anda akan menjalani proses skrining dan asesmen untuk mengetahui indikasi keparahan kecanduan pada narkoba tersebut.

3. Detoksifikasi

Tahapan detoksifikasi merupakan hal penting dalam proses rehabilitasi agar tubuh benar-benar bebas dari zat terlarang ini. Proses yang tidak mudah sebab pecandu akan mengalami dampak dari proses detoksifikasi seperti rasa mual, badan terasa sakit dan lain-lain.

4. Stabilisasi

Pemulihan jangka panjang dengan pantauan dokter menjadi salah satu upaya mengembalikan kepercayaan diri Anda. Nantinya dokter atau terapis akan memberikan resep termasuk sesi konsultasi mengenai rencana masa depan yang lebih baik.

5. Pengelolaan aktivitas positif

Aktivitas positif menjadi kunci agar Anda tidak kembali terjerumus dalam pemakaian zat terlarang. Lakukan aktivitas-aktivitas positif yang bisa meningkatkan kepercayaan dan prestasi diri sendiri. Anda bisa mulai giat berolahraga, rajin berkebun, melakukan hobi yang disukai, kembali belajar di bangku akademik, dan lain-lain. Orang-orang terdekat dalam lingkup keluarga sangat berperan dalam mengawasi dan memantau perkembangan mantan pecandu yang kembali menjalani kehidupan normal. 

Bila Anda ingin bebas dari narkoba mulai sekarang, lakukan proses rehabilitasi narkoba di Ashefa Griya Pusaka. Program rehab yang ditawarkan disesuaikan dengan kondisi fisik dan tingkat keparahan kecanduan pada NAPZA yaitu Individual Treatment Plan yang didukung oleh tim yang berpengalaman baik psikolog, psikiater dan dokter kredibel. 

Dijamin mantan pecandu narkoba bisa sembuh total dan kembali dalam kehidupan sosial masyarakat dengan kemampuan fisik, psikis dan emosional yang baik. Ayo selamatkan generasi bangsa bersama Ashefa Griya Pusaka, sebarkan informasi baik untuk mereka yang memiliki ketergantungan NAPZA.

0 comments:

Posting Komentar