Menelisik Penyebab Bayi Cegukan Terus Menerus


Apakah buah hati anda sering cegukan? Pada dasarnya bayi yang sering mengalami cegukan adalah sesuatu yang sangat normal terjadi. Namun masih banyak para bunda, terutama untuk mamah muda yang mungkin masih panik dan tidak tahu apa penyebabnya. Sehingga disini akan disajikan informasi untuk menjawab pertanyaan anda, mengenai penyebab bayi cegukan terus menerus.

Penyebab Bayi Cegukan

1. Refluks Gastroesofagus

Salah satu penyebab bayi mengalami cegukan yaitu karena reflux gastroesofagus. RGE ini adalah fenomena fisiologis yang dapat terjadi pada setiap anak dan bayi. Bahkan untuk bayi yang berusia di bawah 3 bulan akan lebih sering mengalaminya. Berdasarkan riset ahli, bahwa RGE ini memiliki gejala yang dimulai dengan muntah, menolak makan, tidur tidak nyenyak, hingga gagal tumbuh.

Sedangkan menurut tokoh lain, bahwa penyebab dari adanya cegukan sendiri baik bagi dewasa, anak-anak ataupun bayi ini disebabkan adanya aliran balik makan dan juga asam yang memicu sel saraf hingga menyebabkan kontraksi otot atau flutter di bagian diafragma. 

2. Menelan Banyak Udara dalam Tubuh

Salah satu survei menunjukkan bahwa dengan menelan udara hingga masuk ke dalam tubuh menjadi penyebab bayi cegukan terus menerus. Apalagi jika si kecil minum susu dari botol, maka akan sangat beresiko untuk menelan lebih banyak udara hingga membuatnya sering mengalami rewel dan cegukan.

3. Alergi Protein

Penyebab baby cegukan terus menerus selanjutnya adalah karena adanya alergi Protein. Protein pasti ada dalam kandungan susu formula dan juga ASI. Sedangkan jika si kecil alergi dengan nutrisi tersebut maka dapat membuatnya radang esofagus atau disebut dengan Eosinophilic Esophagitis. 

Sebagai reaksi atas kondisi tersebut, biasanya bagian diafragma akan sering mengalami cegukan. Lalu dalam beberapa kasus yang ditemukan dalam dunia bayi, adanya alergi juga dapat dipicu dengan adanya perubahan komposisi pada ASI. Peristiwa tersebut bisa terjadi karena adanya makanan tertentu yang dikonsumsi oleh bunda.

4. Penurunan Suhu

Hal lain yang menjadi penyebab bayi cegukan terus menerus karena adanya penurunan suhu. Karena dengan menurunnya suhu tersebut akan mengakibatkan otot bayi berkontraksi, dan itulah yang menyebabkan kontraksi di bagian diafragma serta membuat buah hati cegukan terus menerus.

5. Tertawa

Siapa sangka jika tertawa mampu membuat bayi cegukan? Namun memang faktanya benar begitu bunda. Bahwa pada saat bayi tertawa, kemungkinan udara akan masuk melalui mulut dan terperangkap di perut bayi. lalu akan membuat perutnya membengkak dan asam lambung di dorong di area kerongkongan.

Setelah peristiwa tersebut, tubuh bayi akan melindungi dirinya serta membuat cegukan secara terus menerus. Proses pergerakan sarafnya dimulai dari fransiskus akan meluas ke bagian kerongkongan dan akan memberi tahu diafragma kapan harus rilek dan berkontraksi. Karena tertawa membuat pernapasan tidak normal, sehingga bagian diafragma berkontraksi dan jadilah cegukan.

6. Airborne Irritants

Airborne Irritants juga menjadi penyebab bayi cegukan terus menerus. Hal ini terjadi karena buah hati mempunyai sistem pernapasan yang sangat sensitif. Dan setiap adanya udara yang kotor seperti asap aroma yang kuat mampu memicu batuk. Dengan batuk yang terus berulang mampu memberikan tekanan pada diafragma dan akhirnya timbullah cegukan.

Itu tadi beberapa informasi untuk bunda supaya tidak terlalu panik bila bayi mulai cegukan. Namun ada baiknya berbagai penyebab di atas dapat dijadikan antisipasi supaya si kecil tidak cegukan terus menerus. Walaupun pada faktanya tidak menimbulkan dampak, namun terkadang jika terlalu sangat kasihan untuk bayi.

0 comments:

Posting Komentar