Alasan dan Tips Menjalankan Work Life Balance!


Mencapai kondisi work-life balance adalah cita-cita bagi kebanyakan pekerja. Akan tetapi di masa pandemi yang sudah berjalan lebih 1,5 tahun kita berada di kondisi WFH menjadi sangat sulit untuk diwujudkan. Hal ini menyebabkan kegiatan sehari-hari  terasa jadi lebih monoton karena ruang gerak kita yang saat ini dibatasi. Bagi sebagian orang mungkin masih tidak terbiasa untuk bekerja dari rumah dan merasa tidak nyaman dengan kebijakan tersebut.

Bekerja dari rumah mungkin akan mengalami beberapa kendala, seperti fokus kita akan terpecah antara pekerjaan rumah dan segudang pekerjaan kantor yang menumpuk. Apalagi untuk wanita yang merangkap menjadi ibu rumah tangga dan ibu pekerja melihat rumah yang masih berantakan tetapi masih ada pekerjaan kantor yang menanti untuk dikerjakan, hal ini pasti akan membuat fokus kita terpecah. Jika keadaan seperti ini terus berlarut, maka akan berpengaruh pada work life balance. 

Berikut ini tujuh hal yang bisa kamu coba untuk mewujudkan work life

1. Manajemen waktu yang baik

Menetapkan waktu kapan kamu harus meninggalkan pekerjaan, merupakan salah satu langkah awal untuk menciptakan work life balance.

Melakukan praktik ini dapat memberikan kamu tenggat waktu kepada diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan demikian, kamu dapat menyelesaikan pekerjaan secara lebih cepat dan efisien [1].

2. Menyediakan me time

Taukah kamu bahwa me time ternyata sangat mempengaruhi work life balance? Menyediakan waktu untuk diri sendiri sama pentingnya dengan waktu untuk bekerja dan bersosialisasi. Menghabiskan waktu dengan diri sendiri akan membuat kamu merasa lebih bahagia, jadi pekerjaan pun dapat diselesaikan dengan lebih baik [1].

3. Menghindari multitasking

Mungkin kamu masih beranggapan bahwa dengan melakukan multitasking maka pekerjaan kamu akan lebih efisien. Padahal, multitasking ternyata bisa membuat kamu menjadi lebih lelah dari biasanya, lho. Hasilnya, kamu menjadi kurang maksimal saat menyelesaikan pekerjaan tersebut. Lebih baik kamu membuat strategi untuk menyelesaikannya sat persatu [1].

4. Tentukan prioritas kerja

Tips berikutnya yang wajib kamu terapkan agar memiliki work life balance yang baik adalah untuk menentukan prioritas. Trik ini cukup efektif agar kamu bisa memiliki waktu luang meskipun jadwal kerja menunjukkan banyak deadline [2].

5. Manfaatkan hari libur dengan baik

Di masa pandemic ini pastinya sangat sulit untuk membedakan waktu kerja dan libur. Bahkan beberapa orang masih tetap bekerja disaat hari libur (weekend). Cobalah untuk memanfaatkan waktu libur kamu. Tidak perlu mengecek email kantor dalam intensitas yang ‘sering’. Bahagiakan diri kamu sendiri selagi ada waktu. Jika memungkinkan, pergilah keluar di saat cuacanya sedang bagus. Jangan lupa ajak keluarga besar kamu untuk berlibur bersama.

Tentu saja, cuti liburan yang kamu ambil adalah untuk memberi energi dan memulihkan mood yang sempat hilang karena rasa lelah dan jenuh bekerja setiap hari [2].

6. Pola hidup sehat

Menjalani pola hidup sehat, seperti mengatur pola makan, istirahat yang cukup, serta giat berolahraga tentunya berperan sangat penting dalam mewujudkan work life balance. Sebab, bagaimana kamu bisa membagi waktu dan tanggung jawab apabila tubuh kamu rentan sakit, bukan? Pola hidup sehat juga membawa kebugaran untuk terus menjalankan aktivitas sehari-hari dengan Bahagia [2].

Jangan lupa untuk melengkapi pola hidup sehat kamu dengan minum air mineral yang cukup. Manusia 70% tubuhnya terdiri dari air, terpenuhinya kebutuhan hidrasi setiap hari adalah kunci penting kesehatan fisik dan mental. Dimulai dari proses pencernaan yang berlangsung lebih baik, kamu tidak hanya akan terhindar dari sakit perut seperti sembelit, tapi juga tubuh yang lebih segar dan mood yang lebih baik. Minum air putih juga membantu menurunkan asupan kalori, menyehatkan jantung dan tulang, serta tentunya meningkatkan imun tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan air mineral kamu, pilih air minum yang sudah teruji kualitasnya seperti VIT, yang selama 48 tahun di Indonesia telah melalui proses filtrasi dan pengemasan menggunakan teknologi serta pengawasan mutu yang ketat, untuk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Kamu bisa mendapatkan VIT dengan mudah di beberapa supermarket, minimarket, dan e-commerce andalan kamu dengan harga yang pas!

0 comments:

Posting Komentar