5 Jenis Layanan dari Jasa Pajak


Pajak menjadi salah satu urusan yang akan terus ada atau bersifat kontinu, dan cenderung rumit jika skalanya besar seperti pajak sebuah perusahaan / badan usaha, karenanya perlu melibatkan jasa pemeriksaan pajak yang ahli dan handal agar wajib pajak terhindar dari kesalahan yang merugikan.

Para pemilik bisnis apalagi dengan yang skalanya sudah besar umumnya lebih fokus pada pengembangan dan profit bisnis daripada memperhatikan administrasi dan aturan hukum seputar perpajakan, sehingga menggunakan jasa konsultan pajak dinilai lebih efisien.

Jenis-jenis Layanan Konsultan Pajak

Jasa konsultan pajak sendiri saat ini sudah ada banyak di Indonesia, mulai dari perorangan hingga sebuah lembaga. Berdasarkan informasi dari situs APEPI, berikut adalah beberapa jenis layanan yang ditawarkan oleh para konsultan pajak untuk para wajib pajak:

1. Layanan Perencanaan Pajak

Tujuan utama dari layanan ini adalah memberikan bantuan kepada wajib pajak agar bisa memenuhi kewajiban membayar pajak kepada negara namun dengan jumlah yang bisa ditekan seminimal mungkin, dan hal ini hanya bisa dilakukan oleh konsultan ahli yang bisa membuat rencana / strategi yang matang.

2. Layanan Kepatuhan Pajak

Pada jenis layanan ini, pihak konsultan akan menggantikan tugas wajib pajak dalam mengurus pajaknya, mulai dari menghitung pajak pribadi / perusahaan milik wajib pajak, mengisi formulir, hingga melaporkan / mengirim pajak kepada pihak yang berwenang, baik secara online atau offline.

3. Layanan Pemeriksaan Laporan Pajak

Layanan jenis ini memungkinkan jasa pajak untuk melakukan pemeriksaan yang menyeluruh dan teliti pada data-data wajib pajak sebelum pajak benar-benar dilaporkan. 

Tujuannya adalah untuk memangkas beban pajak yang dianggap kurang menguntungkan bagi wajib pajak, sehingga nantinya jumlah akhir dari pajak yang harus dibayar bisa lebih sedikit.

4. Layanan Konsultasi

Mirip dengan namanya, layanan jenis ini memungkinkan para wajib pajak untuk melakukan konsultasi apa pun terkait masalah pajaknya kepada jasa konsultan pajak, sehingga data-data perpajakan yang akan dikirim ke pihak berwenang benar-benar sudah jelas seluruhnya.

5. Layanan Pendampingan

Jika ada pemeriksaan pajak dari pihak yang berwenang kepada wajib pajak, maka konsultan pajak berwenang untuk mendampingi atau bahkan menjadi wakil dari ketidakhadiran wajib pajak. 

Hal ini boleh dilakukan karena wajib pajak yang kurang memahami hal-hal seputar perpajakan, jadi mirip seperti pengacara yang mendampingi/mewakili klien dalam kasus hukum. Konsultan pajak yang perlu menyiapkan dokumen atau data apapun yang sekiranya dibutuhkan selama pemeriksaan.

6. Layanan Restitusi Pajak

Jika wajib pajak membutuhkan pengembalian dari kelebihan membayar pajak (atau yang biasa disebut dengan restitusi), maka bisa menyewa jasa konsultan pajak agar membuat dan mengirimkan surat permohonan dan mendampingi hingga masalah ini terselesaikan.

7. Layanan Penyelesaian Sengketa Pajak

Jasa konsultan pajak juga disewa untuk membantu wajib pajak dalam mengajukan keberatan pajak, banding, atau sengketa jenis lain terkait perpajakan agar masalah ini bisa selesai dengan cara terbaik dan cepat.

Berbagai jenis layanan di atas biasanya memiliki tarif berbeda dan tergantung juga apakah konsultan pajak tersebut perorangan atau lembaga. Jenis kedua biasanya lebih mahal apalagi jika sudah bersertifikat. Pastikan memilih jasa pajak terbaik agar masalah-masalah terkait pajak dapat selesai dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar