Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Pertunjukan Musik Alam Terbuka Terfavorit di Indonesia

Sumber: Pixabay

Pertunjukan musik memang sudah cukup sering diadakan di Indonesia. Tetapi akhir-akhir ini muncul fenomena baru  dimana pertunjukan tersebut di gelar di alam terbuka bersanding dengan keindahan alam Indonesia  yang sangat luar biasa.

Bagi Indonesia yang kaya dengan keindahan alam, dan peninggalan sejarah. Pagelaran musik di alam terbuka ini menjadi sensasi tersendiri yang layak untuk dikagumi. Bayangkan, dari peninggalan  candi bersejarah sampai puncak gunung semua bisa dijadikan panggung hiburan. Bukan lagi hebat, tapi ini spektakuler. Dan pastinya event ini sangat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk mengunjunginya.

Agar kamu tidak ketinggalan  berbagai event  musical di alam terbuka. Yuk kita cek daftar event nya di bawah ini.

1. Ubud Village Jazz Festival  (12-13 Agustus 2022)

Sumber: Pixabay

Mengunjungi Bali terutama di daerah Ubud, selalu meninggalkan kenangan manis bagi wisatawan. Banyak kuliner lezat, pantai yang indah, pura yang ikonik dan event alam berupa sunset dan sunrise yang bisa kamu temukan di sini. Termasuk juga pertunjukan musik yang indah. Ubud Village Jazz Festival salah satunya.

Ubud Village Jazz Festival adalah event musik yang telah bertahan selama 8 tahun dan lahir dari Idealisme komunitas Jazz di Bali. Untuk tahun 2022, dalam rangka beradaptasi dan menerapkan protokol kesehatan, Ubud Village Jazz Festival akan mempunyai 2 panggung berbeda yakni giri dan subak yang dinamakan sesuai dengan kearifan lokal Bali dimana akan menampilkan pertunjukkan secara bergantian dari jam 5- 9 malam selama 2 hari. 

Meskipun acara ini akan digelar secara hybrid, namun tentunya tidak akan mengurangi kemeriahan acaranya. Konsep acara ini pun agak unik karena menggunakan limbah sebagai aksesoris dan dekorasi acara. Bukan tanpa tujuan, acara yang bertema go green ini ingin mengajarkan pada pengunjung pentingnya menjaga alam.

Dengan adanya Ubud Village Jazz Festival, pemerintah Bali dan masyarakat Bali pada umumnya ingin bergerak pulih secara ekonomi setelah terhempas COVID 19 dan menunjukkan bahwa musik dan alam bisa menyatu menghasilkan harmoni yang indah.

2. Musik Alam Fest ( 23-24 September)

Sukses dengan event di tahun 2021 lalu, kini Aliansi Komunitas Kaltara akan kembali menggelar Musik Alam Fest dengan konsep dan konten acara yang baru serta berbeda dengan penerapan protokol kesehatan. Pada tahun 2022, Musik Alam Fest akan melibatkan masyarakat berkebutuhan khusus (difabel) dalam kegiatan event ini. 

Tujuan mengadakan event musik alam untuk para difabel  adalah untuk memangkas sekat dan stigma sekaligus mendukung Indonesia menuju era inklusif. Melalui event musik alam ini juga menjadi ajang untuk membuktikan bahwa mereka yang difabel pun mampu dan berhak untuk berkreasi layaknya orang-orang pada umumnya.

Tema “Setara” diambil untuk event tahun ini dari kegelisahan atas fenomena dan stereotip yang terjadi di sekitar kita. Adapun tujuan dari event ini adalah melestarikan dan menumbuhkembangkan minat terhadap seni budaya dan mempromosikan aset serta potensi wisata dan budaya asli Kalimantan Utara. Adapun rangkaian acaranya akan dibagi menjadi 2 bagian yaitu Event Area (Opening Ceremony, Ramah Tamah Komunitas, Tari Tradisional, Musik Etnik dan Kreativitas Seni) dan Camping Ground (Diskusi Seni dan Budaya, Permainan Tradisional).

3. Ngayogjaz 19 November 2022

Sumber: Pixabay

Ngayogjazz adalah festival Jazz yang diselenggarakan di sebuah desa atau kampung di wilayah Yogyakarta. Konsep perpaduan etnik jazz dan kontemporer selalu menjadi tema Ngayogjazz setiap tahunnya tidak terkecuali di tahun 2022 ini.

Selalu memiliki panggung dengan lokasi berbeda setiap tahunnya, membuat kamu yang mungkin sudah pernah mengunjungi Ngayogjazz di tahun-tahun sebelumnya tetap akan terpesona dengan kejutan konser tahun ini.

Konsep Ngayogjazz adalah regenerasi seniman, musisi, kolaborasi lintas kesenian, dan mengangkat ekonomi kreatif warga desa dan sekitarnya, juga transfer ilmu pada masyarakat setempat tentang penyelenggaraan sebuah pertunjukan atau peristiwa budaya. Ngayogjazz 2022 menampilkan musisi-musisi lokal, komunitas Jazz seluruh Indonesia, musisi nasional dan internasional.

4. Jazz Gunung Bromo (22-23 Juli 2022)

Sumber: Pixabay

Jazz Gunung Bromo merupakan kegiatan  pertunjukan musik jazz di luar ruang dengan 10 grup musik penampil dalam pertunjukan yang akan digelar selama 2 hari. 

Kamu bisa membayangkan, Gunung Bromo saja sudah sangat indah untuk dinikmati, apalagi jika ditambah dengan pagelaran musik yang spektakuler seperti Jazz gunung Bromo. Pengalaman menikmati Jazz di ketinggian 2.000 meter beratapkan langit dengan latar belakang pegunungan dengan kualitas produksi yang baik masih menjadi faktor kesuksesan utama Jazz Gunung Bromo berdasarkan hasil survei kepuasan pelanggan yang selalu dilakukan tiap tahunnya.

Jazz Gunung Bromo tahun 2022 kali ini, akan menjadi penyelenggaraan ke-14. Pada tahun ini, konsep, tema, dan musisi yang tampil akan diselaraskan dengan pesona kawasan Gunung Bromo sehingga menghasilkan suguhan pertunjukan yang epik dengan menampilkan kolaborasi antara elemen musik, alam, dan manusia untuk para penggemar musik jazz khususnya. Jangan sampai ketinggalan ya.

Tips Tetap Asyik Menikmati Pertunjukan Musik di Alam Terbuka

Festival atau  event music apapun yang kamu pilih pastinya akan semakin seru jika kamu mempersiapkan semuanya dengan baik, jauh-jauh hari. Apa saja yang perlu kamu perhatikan saat menonton pertunjukan musik di alam terbuka? Berikut referensinya
  • Jangan lupa memesan tiket dan akomodasi jauh-jauh hari
  • Pastikan untuk memantau situasi cuaca. Jika  cuaca cerah dan cenderung panas, maka pakailah baju yang sesuai dan bawalah air minum agar tidak terkena dehidrasi saat acara berlangsung.
  • Jika konser diadakan di area pegunungan, jangan lupa membawa baju tebal dan minuman hangat untuk teman menikmati pertunjukan.
  • Patuhi standar protokol kesehatan
  • Jika tidak bisa datang berkelompok, maka tidak ada salahnya kamu bergabung dengan grup pariwisata agar dapat menekan biaya dan menemukan teman seperjalanan dengan tujuan yang sama
Selamat bersenang-senang, menikmati musik bersama alam. Jangan lupa, kamu bisa mendapatkan jadwal lengkap semua festival di Indonesia dengan mengunjungi website Kharisma Event Nusantara sekarang juga.

Posting Komentar untuk "4 Pertunjukan Musik Alam Terbuka Terfavorit di Indonesia"

banner
banner